Kiat Memilih dan Membeli Kitchen Set

Kiat Memilih dan Membeli Kitchen Set

Kitchen set adalah salah satu elemen dekoratif utama untuk dapur. Oleh karenanya kitchen set bukan sekedar memberi manfaat secara fungsional akan tetapi juga sekaligus memberikan fungsi dekoratif yang dalam hal ini akan membuat dapur rumah menjadi lebih cantik dan nyaman. Oleh sebab itu, ketika kita sedang merencanakan untuk membuat atau membeli kitchen set, sangat dianjurkan untuk selalu mempertimbangkan keselarasan antara desain dan bentuk agar hasil yang didapat sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ketika terjadi keselarasan desain dan bentuk, maka setiap penghuni rumah juga akan merasa puas dan senantiasa nyaman untuk berlama – lama di ruang dapur sekaligus juga menjamin kitchen set tersebut tepat guna.

Kitchen Set

Langkah Memilih Kitchen Set yang Sesuai

Hampir di setiap toko furniture kita bisa menemukan produk – kitchen set dengan beraneka jenis, kualitas dan harga. Seringkali keberagaman tersebut justru membuat kita dan konsumen lain merasa kebingungan untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dapur kita. Bagi orang yang awam mengenai desain interior, besar kemungkinan mereka akan memilih yang terlihat cantik menurut mereka, padahal belum tentu hal itu membawa kepada hasil yang diinginkan. Para ahli memberikan tips mengenai bagaimana memilih kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan :

  • Sebelum  memesan atau membeli kitchen set, ada baiknya untuk membuat daftar kecil mengenai kegiatan apa saja yang biasa dilakukan oleh anggota keluarga pada saat mereka berada di dapur. Selain itu, selalu perhatikan space yang tersedia di dalam dapur yang kelak akan kita gunakan untuk mengukur berapa besarnya kitchen set yang bisa kita gunakan. Ingat keseimbangan antara luas space dapur dengan ukuran kitchen set menjadi hal yang mutlak untuk dicapai; jangan sampai kita memasang kitchen yang terlalu besar padahal dapur kita kecil maupun sebaliknya.
  • Sebelum kita pesan, ada baiknya kita memastikan bahwa bagian dasar atau lantai dari dapur memang benar – benar kuat untuk menopang bobot kitchen set yang mungkin sangat berat. Sangat dianjurkan untuk memasang material yang tahan uap panas serta air untuk bagian lantai. Hal itu selain menjaga kebersihan juga memperpanjang usia kitchen set yang kita pasang nantinya. Material yang kita gunakan juga harus mudah dibersihkan agar tidak merepotkan.
  • Membuat urutan posisi saat memasak juga harus menjadi bahan pertimbangan. Perlengkapan dapur pada umumnya dilengkapi dengan kompor gas, bak cuci piring, rak piring dan berbagai perlengkapan dapur lainnya. Kita perlu membuat gambaran di mana letak alat – alat tersebut agar aktivitas memasak maupun yang lainnya dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.
  • Sangat dianjurkan untuk membuat dan menghitung jumlah laci serta kabinet yang akan kita perlukan pada kitchen set yang akan kita pesan atau beli. Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa kitchen set memang harus memiliki laci dan kabinet, namun jangan terlalu banyak karena justru akan memberi kesan berlebihan.
  • Pilih bahan pembuatan kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran belanja kita. ada banyak jenis kayu yang saat ini digunakan untuk membuat perlengkapan tersebut, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga kita diharuskan untuk teliti dan memastikan bahan tersebut memang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.
  • Jika kita ingin memasang kitchen set, maka sebaiknya kita melengkapinya dengan cooker hood. Cooker hood ini sangat penting karena berfungsi untuk menyedot asap dan uap panas yang dihasilkan dari proses memasak. Uap dan asap tersebut kemudian akan dikeluarkan dari dalam dapur. Keberadaan cooker hood tersebut juga sekaligus untuk membuat furniture yang ada di dapur menjadi lebih awet.
  • Buat desain lighting atau pencahayaan dengan seksama. Satu prinsip dasar yang harus selalu diingat adalah bahwa sistem pencahayaan akan sangat menentukan bagaimana kenyamanan yang kita dapatkan. Menggunakan pencahayaan yang terlalu redup bukan hanya akan membuat suasana tidak nyaman tetapi juga dapat membuat mata sakit, meskipun demikian jika kita menggunakan sistem pencahayaan yang terlalu terang.Oleh karenanya, kita perlu menghitung kesesuaian antara berapa watt lampu yang kita butuhkan dengan luas ruangan dapur yang kita miliki agar mendapatkan hasil yang pas.
  • Pertimbangkan untuk menaruh tabung gas dan tempat sampah di dalam kabinet kitchen set. Hal ini semata – mata bertujuan agar kita mendapatkan kesan rapi dan bersih.
  • Terakhir, perhatikan keselarasan antara warna dinding dapur dengan warna kitchen set. keselarasan warna dinding dengan kitchen set akan memberikan harmonisasi ruangan yang cantik sekaligus nyaman.

Jenis Kayu untuk Kitchen Set

Kitchen SetTentunya ketika berbicara tentang furniture, dalam hal ini adalah kitchen set, maka kita tidak dapat melupakan soal bahan baku. Seperti halnya furniture yang lain, kitchen set lebih banyak dibuat dengan menggunakan bahan kayu. Indonesia adalah negara tropis yang merupakan salah satu penghasil kayu terbesar di dunia.Namun sayangnya, beberapa jenis kayu dikenal cukup mahal, meskipun hal itu sebanding dengan kualitasnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis kayu yang umum digunakan untuk membuat kitchen set yang dapat kita pertimbangkan :

  • Jati

Ini adalah salah satu jenis kayu paling favorit. Jati dikenal memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca sekaligus anti rayap sehingga sangat awet. Di samping itu, kayu jati juga menawarkan motif natural yang begitu elegan yang membuat penampilannya terkesan mewah dan alami. Akan tetapi, furniture yang terbuat dari kayu jati terbilang cukup mahal dibandingkan dengan yang lain.

  • Kayu sungkai

Sungkai sejatinya masih satu genus dengan jati, namun harganya sedikit lebih murah.jika dibandingkan dengan jati, sungkai berwarna lebih terang dan teksturnya pun lebih lunak. Meskipun sedikit di bawah jati, akan tetapi kayu ini juga termasuk kayu yang baik untuk dipakai dalam industri furniture.

  • Kayu Nyatoh

Kayu ini berasal dari daerah Riau. Ciri khas dari kayu ini adalah warnanya yang kecoklatan dengan guratan atau motif yang sangat khas. Kayu Nyatoh ini juga dikenal anti rayap dan cukup tahan terhadap perubahan cuaca sehingga sering dimanfaatkan untuk pembuatan kerangka rumah dan furniture.

  • Kayu lapis atau plywood

Ini adalah jenis kayu hasil buatan pabrik yang dibuat dari beberapa lembar kayu yang dipress menjadi satu. Kitchen set yang terbuat dari kayu yang juga disebut sebagai tripleks atau multipleks ini pada umumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu solid.

  • Kayu partikel

Ini adalah kayu yang didapatkan dari hasil pengolahan dan pemrosesan serbuk kayu. Kitchen set dari bahan ini terbilang cukup terjangkau akan tetapi tidak memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca meski relatif anti rayap.

  • Medium density fireboard atau MDF

Ini adalah hasil pencampuran bubur kayu dengan bahan kimia tertentu. Kayu ini tidak tahan air dan kelembaban sehingga tidak dianjurkan untuk membeli kitchen set yang terbuat dari bahan ini.

Incoming search terms:

jika membeli kichenset apa saja yg didapatkan (1);kayu yg bagus untuk kitchen set (1);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

082112108800 - 08170840164 - gavininterior@gmail.com - Gavin FurnitureHubungi Kami